Belajar Tatap Muka di Zona Merah Bisa dijalankan dengan Persyaratan Ketat

0
72
Belajar tatap Muka
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay

KabarTifa.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Papua memang belum secara penuh mengijinkan sekolah-sekolah yang ada di daerah zona merah mulai melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah.

Namun tidak menutup kemungkinan Apabila ada sekolah-sekolah yang tetap memilih untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah maka sekolah-sekolah tersebut harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Diantaranya Harus mempunyai persetujuan dari orangtua dan juga komite yang dibuat dalam bentuk surat pernyataan. Hal ini penting sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara orang tua dan guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay mengatakan, terkait dengan kegiatan proses belajar mengajar ini secara aturan pihaknya masih mengacu pada edaran bersama 4 menteri.

“Untuk kegiatan proses belajar mengajar di sekolah tetap mengacu pada edaran bersama 4 menteri,” kata Ted Y Mokay ketika dikonfirmasi wartawan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Selasa, (12/1/2021).

Pria yang biasa disapa TJM itu mengaku, yang terbaru menteri pendidikan Republik Indonesia juga mengeluarkan edaran terkait pelarangan kepada semua sekolah untuk tidak melaksanakan kegiatan tatap muka selama masa pandemi covid 19 ini. Hanya saja menurut dia surat edaran yang terakhir dari menteri pendidikan itu belum diterima pihaknya sehingga sampai saat ini mereka masih mengacu pada surat edaran bersama empat menteri.

“Edaran itu sampai hari ini kami belum terima sehingga kami masih mengacu pada edaran bersama 4 menteri,” imbuhnya.

Dia mengatakan sehubungan dengan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah khusus untuk daerah zona hijau kuning dan juga orang sudah diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah. Meski begitu setiap sekolah-sekolah yang ada pada zona yang disebutkan itu tetap menerapkan aturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19.

Sementara untuk sekolah-sekolah yang ada di di daerah zona Merah, Apabila pihak sekolah tetap menginginkan terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah harus ada pertemuan khusus dengan orang tua siswa dan juga komite sekolah untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan rencana pelaksanaan proses belajar-mengajar tatap muka di sekolah.

Untuk itu juga sekolah-sekolah yang tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah harus disertakan dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah termasuk meminta persetujuan melalui pernyataan dari orangtua dan juga komite sekolah.

“silakan sekolah mengadakan rapat dengan orang tua siswa yang penting ada kesepakatan,” ungkapnya.

Sehubungan dengan rencana itu pihak sekolah juga wajib untuk menyediakan sejumlah persyaratan terkait dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19. Sekolah juga wajib untuk membagi shift pelajaran kepada siswa agar tidak terjadi kerumunan banyak orang di dalam satu kelas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here