Beras Merauke Mulai Dikirim Lewat Tol Laut Lintas Papua

0
58
Beras Merauke

KabarTifa.ID – Setelah tol laut lintas daerah di Papua dibuka oleh pemerintah pusat, kini pengiriman hasil pertanian antar wilayah di Papua semakin mudah. Seperti halnya dengan pengiriman ratusan ton beras Merauke, perdana dilakukan melalui tol laut menuju wilayah Kokas, Sorong dan Depapre (Jayapura), di Pelabuhan Merauke, Kamis (14/1/2021).

Beras Merauke diangkut oleh Kapal KM. Logistik 2 dengan rincian, untuk Kokas 1 kontainer isi beras 24 ton, sedangkan Sorong 2 kontainer masing-masing berisi beras 24 ton dan kecap 12 ton. Kemudian untuk Depapre/Jayapura, beras Bulog 400 ton, beras milik Pak Manulang (dari Aliansi Petani Beras Merauke) 50 ton sehingga total menjadi 450 ton.

“Total keseluruhan 20 kontainer beras dan 1 kontainer kecap diangkut ke tiga wilayah di Papua, yakni Kokas, Sorong dan Jayapura,” ucap Kepala KSOP Merauke, Turki R. Sully dalam pelepasan ratusan ton beras di Pelabuhan Laut Merauke.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati Merauke, Sularso menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berupaya dan bekerja sama, sehingga tol laut bisa berjalan untuk peningkatan ekonomi di Merauke khususnya bidang pertanian. Penghargaan disampaikan kepada pemerintah pusat yang memberikan kemudahan adanya tol laut lintas Papua.

“Di tengah Pandemi Covid-19, pemerintah secara serius meningkatkan ekonomi dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang kita miliki. Kami punya keinginan seluruh potensi pertanian di Merauke bisa memenuhi kebutuhan di daerah lain di Papua,” kata Sularso.

Secara umum, program tol laut telah melakukan pengiriman dua kali. Pertama untuk ke luar Papua dan kedua untuk lintas Papua.

“Mudah-mudahan dengan kemudahan lewat tol laut akan meningkatkan produktivitas hasil pertanian maupun perikanan dan perkebunan di Merauke untuk dapat diekspor keluar,” tutup Sularso.(McMrk/geet/Af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here