Bupati Jayapura Dukung Literasi Membaca di Kampung

0
61
literasi

KabarTifa.ID – Pengembangan literasi membaca melalui Rumah Baca merupakan metode yang didorong untuk meningkatkan kemampuan dasar mengenal huruf dan angka. Kemudian memahami, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis bacaan dan juga kreatifitas-kreatifitas lain. Dengan tujuan peningkatan daya ingat anak-anak serta orang dewasa agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Untuk memperluas gerakan literasih membaca ini, rumah baca Yoboi merupakan sentral dari semua Rumah Baca di kabupaten jayapura yang mulai dibentuk tahun 2020. Pergerakan literasi ini mulai didorong dari kampung ke kampung sampai tahun 2021 kegiatan ini masi terus dilanjutkan.

Mendukung kegiatan tersebut Bupati Jayapura Mathius Awoitau beserta rombongan hari Rabu (10/02/2021) berkunjung ke Rumah Baca Onomi Niphi di Kampung Yoboi Distrik Sentani. Bupati memberikan apresiasi terhadap pergerakan ini.

“Saya berharap semua kampung yang ada di kabupaten jayapura harus memiliki Rumah Baca. Sehingga kegiatan yang diterapkan melalui rumah baca di kampung dapat membantu mendorong Sumberdaya Manusia langsung dari bawah. Tidak hanya bergantung kepada sistim pendidikan formal saja,” katanya.

Pengelola Rumah Baca Yoboi, Hanny Felle menyampaikan bahwa akhir tahun 2020 sampai sekarang, 20 rumah baca berhasil di bentuk di 5 Distrik. Selanjutnya masih ada 14 Distrik yang belum dikunjungi. Untuk itu dalam waktu berjalan ini pihaknya akan terus berusaha membuka Rumah Baca di kampung-kampung yang sudah siap.

“Selanjutnya kami akan terus mendorong semangat literasih dari kampung ke kampung bersama mitra-mitra kerja kami. Sesuai harapan Bupati kabupaten Jayapura,” kata Hanny yang juga sebagai Duta Baca kabupaten jayapura.

Hanny Felle menambahkan, Bicara pendidikan merupakan hak semua orang, baik yang aktif dibangku sekolah bahkan yang putus sekolah dan yang tidak sekolah sama sekali. “Mereka ini perlu dilengkapi haknya untuk memiliki pengetahuan dasar yang sama dengan yang lain. Sehingga di kemudian hari di kesempatan yang berbeda, mereka dapat aktif berkontribusi dalam pembangunan,” tuturnya. [pemantik.id]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here