Jalan Pembangunan di Papua dalam Buku Kembali ke Kampung Adat

0
20
jalan

KabarTifa.ID – Buku berjudul Kembali Ke kampung Adat, Meniti Jalan Pembangunan di Papua hasil karya Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw diluncurkan di Jakarta, Rabu 24 Februari 2021.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan buku ini bukan hanya sebuah buku, namun sebuah cara untuk berbagi informasi tentang apa yang sedang dikerjakan di Kabupaten Jayapura, dimana melalui jalan budaya bisa menjadi solusi yang terbaik.

“Kami harap isi buku ini bisa menjadi kebijakan nasional dalam membantu daerah untuk percepatan-percepatan pembangunan di Papua,” ujar Bupati Mathius Awoitauw.

Dikatakannya, banyak kebijakan sudah dirilis oleh berbagai pihak, tetapi pendekatan sosiokultural itu jarang menjadi perhatian. Karena itu buku Kembali ke Kampung bisa membuka ruang untuk diskusi tentang pembangunan di Papua.

“Isi dari buku ini sudah dikerjakan di Jayapura, misalnya pemetaan dan kampung adat, bagaimana diskusi-diskusi bersama masyarakat adat maupun regulasinya seperti apa. Mungkin juga dengan Inpres nomor 9 tahun 2020, bisa mempertemukan bagaimana Inpres itu bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Sementara itu Deputy V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani yang mewakili Kepala Staf Kepresidenan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap buku Kembali ke Kampung Adat.

Menurut dia, buku tersebut dapat menginspirasi karena bukan hanya soal ciri khas kearifan lokal, tetapi juga terhubung dengan kebijakan di tingkat nasional yaitu kebijakan dari Presiden Joko Widodo tentang Inpres 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat.

“Buku ini merefleksikan bagaimana pembangunan di tingkat lokal i penting sekali dicermati, karena melihat Papua tidak bisa melihat monolitik bahwa Papua bukan entitas yang homogen, namun sangat heterogen dan buku ini memberikan pelajaran berharga bagi semua stakeholder terkait bagaimana mengimplementasikan pembangunan di Papua,” tandasnya.

Dalam peluncuran dan bedah buku itu dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Wakil Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi,  Menteri Dalam Negeri diwakili staf khusus bidang media dan Pemerintahan Muhlis Handi dan Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Okto Riyadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here