Penegakan Protokol Kesehatan Diharapkan Tak Batasi Waktu

0
37
Protokol Kesehatan
Wagus Hidayat

KabarTifa.ID – Menanggapi aturan pemerintah yang terbaru terkait penegakan aturan protokol kesehatan guna mencegah dan membatasi penyebaran covid-19 hingga di tingkat RT RW yang ada di kampung, Anggota DPRD kabupaten Jayapura, Wagus Hidayat angkat suara.

Dia berharap kepada pemerintah Kabupaten Jayapura agar sehubungan dengan adanya instruksi dari pusat untuk menegaskan kembali penerapan prokes kepada masyarakat yang dimulai dari lingkungan RT sampai di lingkungan tertinggi di instansi pemerintah termasuk masyarakat, maka diperlukan kembali untuk melakukan penegakan prokes secara tegas. Namun di satu sisi pemerintah diharapkan tidak lagi menerapkan aturan pembatasan waktu bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi atau aktivitas lainnya.

“Untuk menegakkan prokes 3M itu wajib dilakukan. Saya sendiri mendukung apabila pengetatan terhadap penggunaan protokol kesehatan itu dilakukan. Namun saya tidak mendukung pembatasan waktu kegiatan ekonomi itu dilakukan kembali seperti sebelumnya,” kata Wagus Hidayat.

Menurutnya pemberlakuan pembatasan waktu yang pernah dilakukan oleh pemerintah dalam menangani penyebaran covid 19 di Kabupaten Jayapura sebelumnya justru hanya berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat.

“Sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi terutama pelaku ekonomi menengah ke bawah,” tegasnya.

Oleh karena itu dia berharap kepada pemerintah Kabupaten Jayapura supaya benar-benar serius dalam menegakkan aturan protokol kesehatan. “Jangan hanya slogan saja, namun saya tidak mengharapkan adanya pembatasan kegiatan ekonomi dan pembatasan sosial di masyarakat,” imbuhnya.

Dia menambahkan berbicara mengenai penanganan terhadap penyebaran covid 19 di Kabupaten Jayapura saat ini sebenarnya masyarakat di Kabupaten Jayapura sebagian besarnya sudah sadar dalam hal menerapkan protokol kesehatan. Namun di satu sisi Pemerintah Kabupaten Jayapura justru terlihat mulai lemah dalam hal pengawasan kepada masyarakat untuk memastikan mereka benar-benar menerapkan aturan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid 19.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here