Bupati Jayapura Raih Gelar Kehormatan Ahli Ilmu Faal Olahraga

0
16
Bupati Jayapura

KabarTifa.ID – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menerima gelar kehormatan Ahli Ilmu Faal Olahraga dari Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Republik Indonesia atau PAIFORI. Pemberian gelar dilakukan di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (30/6/2021).

Ketua PAIFORI Papua, Daniel Womsiwor mengatakan pemberian gelar kehormatan Ahli Ilmu Faal Olahraga (AIFO) kepada Mathius Awoitauw itu merupakan apresiasi atas keseriusan Awoitauw membina dan meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Jayapura. Awoitauw juga dinilai berhasil mengembangkan sumber daya manusia di bidang olahraga.

“Khusus di bidang olahraga, sudah banyak fasilitas olahraga yang dibangun dalam mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua. Selain itu, peningkatan sumber daya manusia di bidang olahraga sangat diperhatikan oleh  Bupati Jayapura,” ujar Womsiwor di Kantor Bupati Jayapura pada Rabu.

Womsiwor menyatakan Awoitauw telah mendorong Pemerintah Kabupaten Jayapura membuat kebijakannya dan menyiapkan anggaran untuk mendorong potensi sumber daya manusia di bidang olahraga, termasuk dengan mengikuti sejumlah pelatihan dan pendidikan. Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura, pembina, pelatih di Kabupaten Jayapura juga banyak  terlibat dalam pelatihan dan pendidikan di bidang olahraga prestasi dan sains.

“Perhatian seperti itu harus dicontoh oleh seluruh pejabat daerah lainnya di Indonesia,” jelasnya.

Saat menerima gelar kehormatan itu, Awoitauw mengatakan bakat olahraga tidak hanya terbentuk secara alami, namun harus dilatih untuk mencapai prestasi terbaik. Selain itu, sentuhan teknologi yang tepat guna juga akan meningkatkan pembinaan olahraga di Kabupaten Jayapura.

“Dengan gelar atau kehormatan yang diberikan saat ini, menjadi tantangan bagi kita semua bahwa ke depannya. Kabupaten Jayapura harus menjadi yang terdepan dalam menyuarakan olahraga prestasi dan sains,” ucapnya.

Awoitauw pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga membutuhkan dukungan semua pihak dan merupakan pekerjaan yang besar. “Ini awal yang berat, tetapi kita harus memulainya. Kami bersyukur ada seorang Doktor ahli olahraga seperti Daniel Womsiwor, yang saat ini bersama kita untuk terus mengembangkan semua program kerja dalam olahraga prestasi dan sains, tetapi juga kesehatan di Papua,” kata Awoitauw. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here