Noken Solusi Souvenir Samatkan Para tamu PON XX tahun 2021 Papua

0
14
Mahkota Burung Cendrawasih

NABIRE kabartifa.id-Membaca berbagai penolakan terhadap penggunaan mahkota burung cenderawasih pada Perhelatan event nasional empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang dilakukan oleh perwakilan Pemerintah Daerah maupun Perwakilan Tokoh adat di tanah Papua melalui media online, media cetak dan media elektronik beberapa waktu belakangan ini.

 

Saya usulkan kepada semua pihak yang berkepentingan termasuk Panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI

di Papua untuk Noken disamatkan atau Noken di Pakaikan pada tamu yang berkunjung ke Papua, sebagai tanda penyambutan.

Berbicara Noken sebagai satu dari sekian banyak oleh – oleh khas sebagian orang Papua. Menggunakan noken dalam aktivitas sehari – hari telah menjadi kebiasaan atau ciri khas warga Papua.

 

Noken merupakan salah satu kerajinan tradisional masyarakat Papua. Dalam perkembangannya kerajinan ini tersebar hampir diseluruh wilayah, baik pegunungan hingga pesisir pantai. Bagi orang Papua noken tidak hanya berfungsi sebagai alat menyimpan (tas), tetapi juga memiliki fungsi dan makna yang luas dalam berbagai aspek, seperti sosial, ekonomi, dan budaya.

 

Orang Papua dan noken memiliki ikatan sosial yang kuat, terutama melekat kepada penggunanya.

Untuk itulah, saya merekomendasikan kepada Panitia Besar PON Papua dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua agar Noken disamatkan atau Noken di Pakaikan pada tamu yang berkunjung ke Papua.(IRAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here