Hadiri Pembukaan PON XX Papua, Andi Sudirman Sulaiman Harap Sulsel Masuk 10 Besar

0
6
Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman

SENTANI,KabarTifa ID – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 resmi dibuka. Upacara pembukaan dihelat dengan meriah pada Sabtu (2/10/2021) malam, di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

 

Upacara pembukaan PON XX Papua yang secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Ribuan masyarakat juga hadir, dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain presiden, sejumlah pejabat penting seperti menteri dan kepala daerah di Indonesia juga hadir di Papua. Salah satunya Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

 

Upacara pembukaan dimulai sekitar pukul 19.00 WIT. Acara tampak meriah dengan penampilan tari-tarian dari talenta-talenta muda Papua, alunan musik dan lagu khas Papua dari sejumlah artis nasional dan lokal Papua. Acara semakin fantastis dengan pertunjukan LED berwarna-warni, serta pertunjukan kembang api di akhir acara.

 

Pengunjung terpukau dengan pertunjukan itu, termasuk Andi Sudirman Sulaiman. Ditemui usai lakukan pertemuan dengan warga KKSS Papua di EfKa Cafe Minggu (3/10/2021), Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pembukaan PON XX Papua sangat luar biasa.

“Kami lihat ini sungguh luar biasa. Ini dahsyat dan mengharukan bagi kota, karena ini dilaksanakan di Papua,” katanya.

 

Perayaan PON di Papua memang baru pertama terjadi saat ini. Sebelumnya, Papua belum pernah mendapat jatah menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terakbar empat tahunan itu.

 

“Alhamdulillah, kami dapat menghadiri pembukaan PON XX tahun 2021 di Papua, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo,” sebut Andi Sudirman Sulaiman ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai melakukan pertemuan dengan warga KKSS Papua, di EfKa Cafe, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (3/10/2021) sore.

Ketika ditanya terkait perolehan medali yang telah diraih Sulawesi Selatan pada pagelaran PON XX hingga Minggu (3/10/2021). Plt. Gubernur Sulawesi Selatan ini menuturkan. “Sudah ada ya, baru kita muncul di beberapa partai final. Insha Allah, kita bisa raih medali emas di partai final yang kita ikuti,”.

 

Sebelumnya, Andi Sudirman Sulaiman hadir disambut meriah oleh warga Sulawesi Selatan di Papua dan mengikuti acara pembukaan bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan media online ini, saat defile Tim Sulawesi Selatan yang berjalan langsung disambut oleh Andi Sudirman Sulaiman dengan berdiri dan mengangkat topi.

 

Untuk diketahui, para atlet yang bertanding merupakan putra-putri terbaik Sulsel berjuang atas nama daerah menjadi kebanggaan masyarakat. Sehingga meminta doa dan dukungan masyarakat.

Adapun jumlah kontingen Sulsel di PON Papua sebanyak 328, terdiri dari atlet dan official dengan target masuk 10 besar. Karena di PON XIX sebelumnya di Jawa Barat peringkat 12.

 

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menyampaikan rasa cinta, kasih dan sayang serta bangganya kepada masyarakat Papua. “Perasaan saya dan saudara pasti sama, kita bangga berada di Tanah Papua. Dan, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua,” sebut Jokowi disambut tepuk tangan ribuan penonton.

 

Selain itu, Jokowi menyebutkan, PON ini menggambarkan kemajuan Papua, serta menunjukkan kesiapan infrastruktur di Bumi Cendrawasih ini. Demikian juga, dengan kesiapan masyarakatnya dalam menyelenggarakan iven besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

 

“Mari kita rayakan PON ini dengan suka cita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan dan persatuan, serta kesatuan bangsa. Yakinlah, kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-20 tahun 2021 ini,” kata Jokowi. (IRAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here