Dinas Pertanian dan Perikanan diharapkan tingkatkan keterampilan Pembenihan kepada Petani Tolikara

0
36
Dinas Pertanian dan Perikanan untuk selalu meningkatkan keterampilan pembenihan kepada petani Tolikara

Karubaga KabarTifa.ID– Guna meningkatkan ekonomi rakyat melalui bidang Pertanian dan Perikanan, Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si diwakili Asisten III Sekda Adi wibowo,SH bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Datina Wenda,SP meresmikan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) diKampung Wanggugup Distrik Kuari, Kamis,(25/11/2021) pekan kemarin.

Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si dalam arahannya yang disampaikan Asisten III  Adi wibowo,SH mengajak warga Tolikara pada umumnya dan warga Distrik Kuari pada khususnya patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas Program terapan kepada Masyarakat Tolikara khususnya petani.

Dengan adanya Unit Pembenihan Rakyat (UPR) ini Pemerintah Tolikara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan tidak perlu mendatangkan pembenihan dari luar daerah, Sehingga kuota pembenihan yang di butuhkan Pemerintah bisa ditangani petani Tolikara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan.

“tidak menutup kemungkinan kuota pembenihan yang dibutuhkan pemerintah langsung ditangani petani Tolikara,apabila pembenihan melimpah”. Ujar Asisten Adi wibowo.

Maka dari itu Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si diwakili Asisten Adi wibowo,SH berharap kepada Dinas Pertanian dan Perikanan untuk selalu meningkatkan keterampilan pembenihan kepada petani Tolikara, dengan mendatangkan petani berpengalaman dari luar daerah untuk melakukan pendampingan kepada petani Tolikara di pusat – pusat pembenihan di Kabupaten Tolikara.

“dalam proses pendampingan dari orang yang ahli luar Tolikara harus meningkatkan keterampilan petani Tolikara. Jadi  yang diajarkan ini bisa mengajarkan lagi kepada orang lain”. Imbu Asisten Adi wibowo,SH.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Datina wenda,SP mengapresiasi tinggi program unggulan Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si dengan mengelontorkan berbagai program untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat salah satunya perikanan melalui Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

Dalam tahun ini (2021) Pemerintah Tolikara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan berhasil membagun 4 (empat) Unit Pembenihan Rakyat diantaranya di Distrik Kuari,Distrik Bewani,Distrik Karubaga,dan Distrik Goyage.

“Mewakili dari 4 (empat) UPR itu peresmiannya dilakukan  UPR di Desa Waggugup Distrik Kuari oleh Bupati Usman G.Wanimbo diwakili Asisten III Adi wibowo”. Kata Kepala Dinas Datina wenda.

Kepala Dinas Datina wenda,SP menghimbau kepada Unit Pembenihan Rakyat di empat pusat pembenihan ini mampu megembangkan usaha budidaya perikanan ini. Apabila ada tempat cocok mengembangkan perikanan diajak untuk usaha perikanan serupa.

“mailes yikwa sebagai ketua Unit Pembenihan Rakyat di Kampung Wanggugup harus bantu bagikan benih ikan kepada petani lain di Distrik Kuarai dan Distrik terdekat lainnya untuk mengembangkan usaha serupa”. Pinta Kepala Dinas Datina wenda.

Dijelaskannya hasil dari usaha Unit Pembenihan Rakyat ini bukan untuk Pemerintah khususnya Dinas Pertanian dan Perikanan tetapi hasilnya semata-mata untuk petani sendiri. Dengan hasil ini mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan menyisihkan biaya sekolah anak atau memenuhi kesejahteraan keluarga. (Duma Munny.Md)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here