1 Desember 2021, Kabupaten Jayapura Aman Terkendali

0
9
Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, S.IK., M.H.

SENTANI,KabarTifa.ID – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, S.IK., M.H., menegaskan situasi kamtibmas di seluruh wilayah itu, cukup aman dan terkendali pada Rabu (1/12/2021).

“Ya, intinya saat ini sampai dengan tanggal 1 Desember Rabu sore ini, situasi di Kabupaten Jayapura masih aman terkendali. Terkait dengan isu ataupun kegiatan pengibaran bendera, sampai saat ini belum ada laporan atau belum ada yang termonitor di wilayah Kabupaten Jayapura,” kata AKBP Fredrickus Maclarimboen ketika ditanya wartawan media online ini usai menghadiri kunjungan kerja Panglima TNI di Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/12/2021) sore.

“Tentunya kita sangat bersyukur, bahwa itu sudah ada kesadaran dan peran serta semua dari para tokoh dan juga masyarakat untuk bagaimana menyikapi bulan Desember ini. Sehingga kita harus geser isu tersebut, bahwa tanggal 1 Desember itu berarti kita mengawali bulan yang penuh berkat dan penuh hikmat bagi umat Nasrani. Itulah yang harus kita jaga nuansa tersebut,” sambungnya.
Kapolres Jayapura mengakui pihaknya beserta Polsek jajaran meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi 1 Desember yang diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Perkara nanti itu ada isu yang berkaitan dengan HUT OPM atau perayaan HUT yang lain, kami dinamis saja untuk menyikapi isu tersebut. Sehingga tidak ada ruang yang muncul dalam bulan Desember kali ini. Walaupun, secara fakta memang ada perayaan-perayaan pada tanggal-tanggal tertentu, tetapi perayaan mana yang kita angkat sebenarnya. Sehingga yang dikedepankan bagaimana kamtibmas itu,” akunya.

AKBP Fredrickus Maclarimboen mengatakan, pihaknya tidak melakukan penambahan pasukan atau personil antisipasi 1 Desember, tetapi pihaknya hanya meningkatkan kegiatan patroli di sejumlah titik, serta menempatkan personil untuk melakukan pengamanan di sejumlah tempat yang dibutuhkan.

“Dari kami sendiri tidak ada kegiatan penambahan pasukan atau personil, cuma hanya kegiatan peningkatan frekuensi patroli yang sudah kami lakukan sejak Selasa tanggal 30 November dan nanti akan berlanjut sampai tanggal 20 Desember,” katanya menjelaskan.

“Dengan adanya kegiatan Harkamtibmas ini, dapat menjaga stabilitas keamanan, dapat menjaga kamtibmas di Kabupaten Jayapura sambil menyongsong Natal dan Tahun Baru,” tukas AKBP Fredrickus Maclarimboen. (IRAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here