Kunjungi Papua, Panglima Andika Perkasa Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Lanud Silas Papare

0
34
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Danlanud Marsma TNI Budhi Achmadi, Kadinkes Kab Jayapura Khairul Lie dan Direktur RSUD Youwari dr. Petronella Risamasu pantau masyarakat yang melakukan vaksinasi Covid-19

SENTANI,KabarTifa.ID – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tinjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Megantara,  di Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/12/2021).

Kunjungan kerja Panglima TNI ke Papua ini disambut langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayapura Khairul Lie dan Direktur RSUD Youwari dr. Petronella Risamasu.

Dalam kunjungan kali ini Panglima TNI diagendakan meninjau tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada tiga lokasi di Provinsi Papua. Yakni, selain di Lanud Silas Papare, juga ada di Lapangan Trisila Lantamal X Jayapura dan meninjau fasilitas penanganan Covid-19 yang dimiliki RS Marthen Indey, Kota Jayapura, Papua.

Vaksinasi ini terselenggara atas kerja sama antara TNI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Sentani.
Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, pelayanan vaksinasi di Lanud Silas Papare setiap hari untuk masyarakat.

“Saya menyempatkan diri untuk melihat vaksinasi di Lanud Silas Papare ini, dan melayaninya tiap hari. Jadi itulah memang yang kita harapkan. Dengan tiap hari dilakukan pelayanan vaksinasi, siapapun yang belum sempat vaksin karena satu dan lain hal itu bisa langsung datang kesini,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa ketika dikonfirmasi wartawan disela-sela kunjungannya di Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/12/2021).

Andika Perkasa berharap, warga masyarakat Kabupaten Jayapura dan sekitar Lanud Silas Papare dapat hadir mengikuti vaksinasi di Lanud Silas Papare.

“Kami berharap mereka bisa hadir kesini, yang mana pelayanan vaksinasi di Lanud Silas Papare ini buka dari jam 08.00 hingga 15.00 WIT atau jam 3 sore,” katanya.

Vaksinasi bagi warga Kabupaten Jayapura dan sekitar Lanud Silas Papare, di mana serbuan vaksinasi kali ini menargetkan 300 dosis vaksin dan untuk di Lanud Silas Papare sendiri menargetkan 250-300 dosis vaksin tahap pertama maupun kedua.
Serbuan vaksinasi ini melibatkan 150 vaksinator gabungan dari TNI, Polri dan Dinas Kesehatan.

“Kami imbau kepada masyarakat Kabupaten Jayapura dan khususnya di sekitar Lanud Silas Papare ini, jika mempunyai saudara yang tidak memiliki KTP dan N.I.K. (Nomor Induk Kependudukan), itu gak apa-apa yang penting vaksin. Karena ini kemanusiaan,” imbuhnya.

Bagi warga yang hendak melakukan vaksinasi dan tidak memiliki KTP atau NIK, akan dicatat secara manual. Sehingga pasti ada solusi untuk bisa masuk ke sistem.
“Kalau disini (antusias) masyarakat, sudah bagus sekali. Karena secara provinsi memang kan masih di bawah 50 persen sebenarnya. Tapi, berdasarkan penjelasan dari Kepa Dinas Kesehatan dan juga dari Danlanud, memang kalau disini kan karena ada PON kemarin, jadi sebetulnya sudah jauh lebih dari 50 persen atau sekitar 65 persen. Namun mungkin ada ketertinggalan di kabupaten-kabupaten lain, yang menyebabkan secara agregat ini dibawah 50 persen,” bebernya.

“Langkah yang dilakukan, pokoknya kita terus lakukan vaksinasi. Karena memang ini salah satu kesempatan kita dan semua masyarakat untuk membentengi dirinya dari kemungkinan penularan Covid-19,” tukas Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Selesai melaksanakan kunjungan kerja di Lanud Silas Papare, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kota Jayapura guna meninjau pelaksanaan vaksinasi di dua tempat yang ada di Kota Jayapura dalam rangka kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua. (IRAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here