Walaupun Baru Terbentuk, Forum SOPAN Telah Beri Kontribusi Kepada Pemda

0
24
Ketua Umum BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, H. Karim, didampingi Sekretaris BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T., ketika memberikan keterangan kepada wartawan

SENTANI, KabarTifa.ID – Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura sebagai wadah berkumpulnya Paguyuban-paguyuban Nusantara yang ada di Kabupaten Jayapura itu terbilang baru, karena kepengurusannya baru terbentuk atau dilantik beberapa bulan lalu. Namun dalam perkembangannya telah menunjukkan eksistensi, serta memberi kontribusi dalam mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, H. Karim kepada sejumlah awak media di Cafe Tempat Teduh, Kompleks Masjid Al-Aqsha Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (3/1/2022) sore.

Menurut Ketua BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura H. Karim, khusus di tahun 2021 lalu, Forum SOPAN telah melaksanakan beberapa kegiatan, seperti koordinasi dengan Polres Jayapura dengan mengadakan pertemuan bersama seluruh tokoh adat di Kabupaten Jayapura, untuk bersama-sama terlibat dalam rangka mensukseskan PON XX 2021 Papua.

“Maka itu, kami dari SOPAN mengajak seluruh paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura untuk bersatu agar PON XX Papua harus sukses. Dan Alhamdulillah, dari persiapan PON sampai selesai semua berjalan sukses,” ujar H. Karim didampingi Sekretaris BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T., ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Cafe Tempat Teduh, Kompleks Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (3/1/2022).

Kemudian, sambung H. Karim, pihaknya juga bekerjasama dengan Pemkab Jayapura dan Polres Jayapura mengadakan vaksinasi massal di beberapa titik, sekaligus memberikan bantuan berupa pemberian paket sembako.

Ketika ditanya terkait program kerja dari BPD Forum SOPAN di tahun 2022, lanjutnya, Forum SOPAN harus lebih giat mengadakan beberapa kegiatan, salah satunya akan mempercepat dilaksanakannya Rapat Kerja atau Raker I Forum SOPAN. Setelah itu, pihaknya baru akan menentukan beberapa program, seperti membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua lintas paguyuban termasuk tokoh adat, tokoh masyarakat dan juga tokoh agama.

“Salah satu program SOPAN yaitu, mengadakan kunjungan kepada semua kepala suku atau pimpinan adat (Ondofolo). Selain untuk menjalin silaturahmi, juga untuk melaksanakan bakti sosial seperti bedah sarana ibadah atau rumah adat, serta menyalurkan bantuan sosial. Intinya SOPAN harus bersinergi dengan semua komponen, karena SOPAN harus bermitra dengan semua pihak, terutama dengan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura,” ungkap pria yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) Provinsi Papua ini.

Untuk diketahui pula, Forum SOPAN juga sedang merancang bagaimana pemberdayaan ekonomi mikro, terutama kepada masyarakat adat. Sehingga Forum SOPAN berencana akan mengedukasi masyarakat agar bisa belajar menjadi pelaku ekonomi di daerahnya agar bisa menggerakkan sektor ekonomi di daerahnya masing-masing.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekretaris BPD SOPAN Kabupaten Jayapura, Bambang Zulhadi, S.T., menambahkan, pelaksanaan Rapat Kerja Forum SOPAN Kabupaten Jayapura rencananya akan digelar pada bulan Januari atau awal Februari tergantung keputusan rapat pengurus secara internal yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Setelah itu, lanjut Bambang, pihaknya akan masuk salah satu program yang dicetuskan Bupati Jayapura yaitu, keterlibatan Forum SOPAN dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura, yang akan menjadi tuan rumah Kongres Nasional Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) pada bulan Oktober 2022 mendatang.

“Jadi sesuai arahan Bupati Jayapura, kami dari Forum SOPAN diharapkan tampil sebagai motor penggerak dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mensukseskan kegiatan kongres tersebut. Seperti halnya pelaksanaan iven PON XX Papua lalu, paguyuban juga terlibat dalam rangka membantu saudara-saudara kita dari seluruh Nusantara yang datang ke Papua khususnya di Kabupaten Jayapura,” pungkas mantan Sekretaris KNPI Kabupaten Jayapura ini. (IRAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here