Kemenkumham Papua Deklarasikan Komitmen Zona Intregritas Tahun 2022

0
19

JAYAPURA,KabarTifa.ID-Kemenkumham wilayah Papua lakukan Deklarasi Janji Kerja Penandatanganan Perjanjian Kinerja Penandatanganan Komitmen Zona Integritas Tahun 2022

Kita tingkatkan kinerja Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Semakin Pasti dan berhaklak mendukung program pemulihan  ekonomi nasional dan reformasi struktural.

Kepala Kakanwil Hukum dan Ham Anthonius Ayorbaba,SH,M.Si mengungkapkan Pihaknya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Gubernur Provinsi Papua dalam hal ini yang diwakili oleh Bapak Asisten I Pemda Provinsi Papua.

Mantan Kalapas Abepura ini juga mengatakan bahwa membangun Papua tidak bisa kita bangun sendiri-sendiri kita harus bersinergi dan berkolaborasi agar apa yang kita wujudkan hari ini memberikan sebuah persepsi bagi masyarakat bahwa pemerintah itu ada untuk melayani masyarakat di Papua.

“Sehingga wujud kongkrit sertifikat ini, kami dan mereka yang daftar ini tidak membayar sepersen pun. Rekomendasinya diberikan oleh Disperindak, pembayaran PNBP dibayar oleh Disperindak dengan anggaran pemerintah Provinsi papua, Kanwil hanya membantu memverifikasi berdasarkan persyaratan yang diberikan,”ungkap Theo Ayorbaba usai memberikan sertifikat, Rabu, (19/01/2022).

Sertifikat sudah diterima Para seniman makah tentu mereka akan punya nilai ekonomi dengan mendapatkan sertifikat itu dia mendapatkan dua keuntungan yaitu, Hak sosial dan hak ekonomi sehingga perlindungan terhadap hak cipta itu akan terus menjadi komitmen kita dan atas dukungan pemerintah daerah kita yakin itu bisa terwujud.

“Kanwil juga akan siap membantu kalau pemerintah provinsi meminta untuk kita menyusun dalam naskah akademik dan penyusunan regulasi,”Pintanya

Katanya memang sudah ada perdasus berkaitan dengan kekayaan intelektual cuma evektifitasnya belum berjalan kita akan membahas dengan konteks yang ada saat ini dan kita yakin dengan lagu-lagu papua yang banyak karya-karya anak bangsa yang ada di papua yang luar biasa ini akan mendapatkan perlindungan dari Kementerian Hukum dan HAM melalui kerja sama dari Pemda Provinsi Papua,” turunya.

Asisten I Setda Provinsi Papua Doren Wakerwa,SH yang mewakili Gubernur menyampaikan, penandatanganan kinerja adalah meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, oleh sebab itu Kanwil Hukum dan Ham kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa apa yang dilakukan hari ini menjadi perwujudan kita semua untuk bisa dijabarkan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Papau dan juga Kabupaten/Kota.

“Oleh sebab itu semua kegiatan yang dilaksanakan didaerah betul dikendalikan melalui penandatanganan perjanjian kerja zona integritas. Ini dilakukan bebas dari kegiatan pemerintahan didaerah jadi tidak ada penyimpangan dan tidak hal-hal yang tidak diinginkan dilakukan, tetapi semua berjalan sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” bebernya.

Kami pemerintah provinsi papua menyampaikan terima kasih Kementerian Hukum dan Ham sangat membantu kita provinsi untuk menangani masalah-masalah sosial kemasyarakatan yang terjadi diatas tanah ini, terhadap anak-anak asli papua dan yang lahir besar diatas tanah ini, olehnya itu dengan kehadiran dalam pengendalian hukum oleh pekerja-pekerja hukum diatas tanah ini sangat membantu pemerintah dalam pengamanan, kedamaian dan sukacita bisa tercipta diatas tanah ini.

Dengan demikian masyarakat dimanapun saja berada tidak ada masalah dan persoalan yang terjadi, karena sudah ada penandatangan dan perjanjian kerjasama yang akan berdampak di Kabupaten/Kota sampai ke kampung-kampung sehingga disana akan tercipta kedamaian dan kenyamanan.

“Dengan kegiatan ini saya harap seluruh masyarakat papua betul-betul mengakui dan menghargai karena yang sekarang kita lakukan. Kepala Kakanwil beliau sebagai salah satu pemimpin anak papua yang mengendalikan hukum diatas tanah ini, oleh sebab itu apa yang kami sampaikan akan dikerjakan oleh pelaku-pelaku hukum diatas tanah ini,” ungkapnya.

Salah satu pencipta lagu yang mendapatkan sertifikat hak cipta Alberth Petrus Runaweri juga selaku Sekertaris Dewan Kesenian mengaku sangat berterima kasih serta memberikan apresiasi kepada Kakanwil Hukum dan Ham.

“Hal ini merupakan mimpi yang baru terwujud ketika Pak Anthonius Ayorbaba dari Provinsi Papua Barat dimutasikan ke Provinsi Papua. Ini merupakan gebrakan yang beliau lakukan dan itu terwujud hari ini dari 75 lagu yang saya daftarkan 13 lagu yang hari ini bisa mendapatkan sertifikat dan ini sebuah langkah maju yang ada ditanah papua dan dari hampir 189 pencipta lagu yang ada dan saya sangat bersyukur,” tuturnya.

Awalnya juga kita tidak sangkah hari ini bisa menjadi sebuah kenyataan bahwa kementerian hukum dan ham wilayah Provinsi Papua mewujudkan itu dan menjadi sebuah kebanggaan bagi kita khususnya pengarang/pencipta lagu ditanah papua. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here