Kepala Satpol-PP dan PBD Papua, Welliam Manderi : Pemerintah Pusat Akan Bantu Dana Rp1,7 Miliar Bantu Masyarakat di Lanny Jaya

0
8

Jayapura, (kabartifa.id) – Welliam R. Manderi, Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol-PP) dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Provinsi Papua mengatakan, terkait dengan kondisi Kuya Wage di kabupaten Lanny Jaya yang mengalami peristiwa bencana alam embun beku sejak bulan Juni lalu hingga saat ini bantuan terus disalurkan untuk membantu masyarakat. Selain itu rencananya pemerintah pusat akan memberikan bantuan dana sebesar Rp1,7 Miliar untuk dana siap pakai yang akan diserahkan melalui pemerintah kabupaten Lanny Jaya yang juga akan diserahkan kepada masyarakat yang berdampak bencana alam.

“Berkaitan dengan update terakhir kondisi Kuya Wage dari bulan Juni terjadi peristiwa bencana alam embun beku sehingga berbagai bantuan sudah dilakukan termasuk dari pemerintah pusat, BNPB, Kemensos, berbagai lembaga termasuk dari pemerintah provinsi Papua. Dari pemerintah pusat rencana BNPB akan memberikan dana bantuan sebesar Rp1,7 Miliar untuk dana siap pakai yang di serahkan kepada pemerintah Kabupaten lanny jaya untuk membantu masyarakat,” kata Welliam R Manderi, saat pertemuan dengan awak media dalam kegiatan ekspos kinerja pemerintah provinsi Papua tahun 2022 di Aula dinas komunikasi dan informatika provinsi Papua, Selasa, (6/9/2022).

Welliam menyampaikan, situasi di Kuya Wage berangsur membaik, namun bantuan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat terus di salurkan, serta tanggap darurat guna mengantisipasi situasi yang bakal terjadi nantinya.

“Sampai hari ini berangsur-angsur situasi mulai membaik dan bantuan untuk masyarakat tetap dilaksanakan, dan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya sendiri telah mengeluarkan satu tanggap darurat yang berlaku 90 hari sampai tanggal 21 Agustus 2022. Tanggap darurat ini datang dari pemerintah daerah sendiri tetapi juga dari luar baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” kata Welliam.

“Bantuan terus dilakukan dan masyarakat berangsur-angsur kembali melaksanakan aktivitas normal seperti biasa.
BNPB beberapa waktu lalu dengan tim dari dari pemerintah provinsi Papua dan dinas sosial turun ke lapangan dan melihat kondisi di sana, dan mereka membuat posko tanggap darurat yang ada di lapangan di Lanny Jaya dan posko itu masih ada hingga saat ini,” bebernya.

Sampai saat ini masyarakat Lanny Jaya berangsur pulih dan dapat melakukan pekerjaannya masing-masing.

“Sampai hari ini belum ada informasi terkini terkait dengan masyarakat yang terdampak di sana terapi mereka sudah beraktivitas walaupun mereka ada di tempat-tempat yang masih rawan bencana,” tandasnya. (cellya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here