Dorong Terciptanya Ekonomi Terbarukan, Bank Indonesia Gelar Festival Kopi Papua dan Gebyar HUT RI ke- 77

0
13

Jayapura, (kabartifa.id) – Kepala perwakilan Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua yang di wakili Deputi kepala perwakilan, Dedy Irianto mengatakan, penyelenggaraan festival kopi Papua merupakan upaya Bank Indonesia untuk mendorong terciptanya sumber pertumbuhan ekonomi terbarukan di Papua yang lebih inklusif dan berkelanjutan hal ini sejalan dengan tema HUT kemerdekaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Dikatakan Dedi Irianto, perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua telah menyelenggarakan festival kopi Papua sejak tahun 2018 dengan sejumlah capaian yang telah diraih pada gelaran festival kopi Papua di tahun 2021 telah berhasil dilakukan business matching bagi 162 UMKM dengan nilai pembiayaan mencapai 53, 7 Miliar Rupiah, serta jumlah pengunjung yang mencapai lebih dari 21 ribu orang. Pada gelaran Festival Kopi Papua tahun ini capaian tersebut diharapkan akan meningkat lebih dari 10 persen.

” Festival kopi hari ini merupakan rangkaian dari festival kopi sebelumnya, namun tahun ini ada yang spesial karena merupakan kerjasama dari tiga kuantitas utama yakni kementrian Kominfo, Pemerintah Provinsi Papua, dimana Kominfo itu terkait dengan gerakan nasional bangga buatan Indonesia, Provinsi Papua dengan Gebyar HUT RI ke-77 dan Bank Indonesia dengan Festival kopi Papua. Bak Indonesia berupaya untuk memajukan dan membangun energi ekonomi yang terbarukan di Papua,” terang Dedy.

” Pada triwulan dua tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Papua sebesar 14,38 persen. lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,44 persen. Ekonomi Papua didorong dengan sektor pertambangan dan pertanian serta transportasi. Sedangkan dari sisi permintaan disebabkan oleh konsumsi rumah tangga. Meskipun perekonomian Papua tumbuh pesat selama beberapa triwulan terakhir, namun masih dibutuhkan upaya ekstra memperkuat struktur perekonomian sehingga lebih inklusif dan dirasakan sampai masyarakat terkecil, dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan sehingga berkelanjutan dalam jangka panjangnya”.

Dalam sambutan Gubernur Papua, Lukas Enembe, Sekretaris daerah (Sekda) Papua, Ridwan Rumasukun menyampaikan, apresiasi kepada Bank Indonesia perwakilan Papua yang telah melakukan terobosan dalam rangka memberdayakan masyarakat Papua lewat pemanfaatan kopi Papua dan di perkenalkan hingga ke mancanegara.

“Festival kopi Papua dan gebyar kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77. Apresiasi kami berikan kepada kementerian komunikasi dan informatika serta kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua yang telah menyelenggarakan kegiatan meriahkan perayaan kemerdekaan sekaligus gerakan bangga buatan Indonesia. Kita ketahui bersama memiliki potensi besar untuk tumbuh dan berkembang sebagai wilayah terkemuka di Indonesia dan bahkan dunia, potensi kekayaan sumber daya alam sudah tidak terbantahkan lagi dari mulai hasil pertanian, kelautan, kehutanan hingga pertambangan yang ditunjang dengan letak geografis sebagai Provinsi paling timur di Indonesia,” kata Sekda Rumasukun.

” Hal ini memungkinkan UKM untuk bertumbuh sangat baik dalam hal perdagangan dan jasa pada wilayah adat masing-masing dengan komoditas kopi Papua yang membutuhkan perawatan. Serta kondisi geografis tertentu memiliki potensi pengembangan pada wilayah adat la pago dan me pago, yang memiliki karakteristik geografis pegunungan. Hal ini yang menjadikan kopi Papua memiliki keunikan dan karakteristik khusus sebagai keunggulan komparatif yang telah terkenal pada tingkat mancanegara,” ujar Rumasukun.

Gubernur berharap, Bank Indonesia terus berupaya dalam meningkatkan ekonomi Papua dan memulihkan Ekonomi dan Papua lebih baik lagi kedepan.

” Saya mengharapkan kerjasama dengan Bank Indonesia terus berlanjut dari berbagai sinergi yang baik untuk terus dipertahankan dalam tuntutan pemulihan ekonomi yang sejalan dengan semangat visi Papua bangkit mandiri dan sejahtera yang berkeadilan,” harap Gubernur Lukas.

Diketahui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua menyelenggarakan Festival Kopi Papua dan Gebyar Kemerdekaan RI di GOR Cendrawasih, Jayapura pada  23 s/d 27  Agustus 2022.

kegiatan ini juga diramaikan dengan pameran produk UMKM unggulan dan penampilan seniman Papua dan berbagai kompetisi menarik lainnya.

Acara pembukaan dihadiri Sekretaris Daerah Papua Ridwan Rumasukun, Ketua DPR Papua, Johny R Banua, Kabinda dan Wakapolda Papua serta anggota Forkopimda Provinsi Papua, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Papua dan Papua Barat, serta Pimpinan Perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Papua. (cellya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here